Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

MENGETAHUI ISTILAH YANG ADA DI JORAN

Mengenal Semua Istilah Yang Tercantum Pada Joran


 Ketika akan membeli barang apapun, entah itu di toko online maupun di toko biasa sudah pasti semuanya harus mengetahui tentang informasi produk dan sekaligus kegunaannya. Tentunya sangatlah lucu bagi orang yang akan membeli barang namun tidak tahu mengenai informasi barangnya secara detail. Apalagi untuk membeli sebuah joran pancing yang mana setiap penghobi diharuskan sudah mengerti secara detail mengenai istilah spesifikasi joran yang akan dibeli. Tentunya dengan mengerti informasi joran lebih dalam yang akan dibeli, pastinya para penghobi nantinya tidak akan merasa dirugikan atau bisa dibilang minimal sudah tahu mana joran yang pantas digunakan atau tidak.

 Mungkin sebagian penghobi mancing yang belum tahu banyak, mungkin sedikit bingung mengartikan beberapa makna atau informasi produk yang tercantum pada joran. Jika diperhatikan ada beberapa tulisan yang tertera pada joran seperti leght, PE, cast weight, lure weight dan masih banyak lagi. Semua tulisan tersebut bisa dibilang mengenai standar produk yang ditulis dari pabrik. Setiap joran pastinya tertera dengan tulisan tersebut, namun dengan satuan yang berbeda-beda. Berikut pembahasan mengenai mengenal istilah yang tercantum pada joran, lengkap dengan contohnya yang bisa langsung disimak.

1. Istilah Leght 1,52M

Sebagai contoh dapat diambil dari joran shimano Bassterra AX di atas. Pastinya sedikit bingung mengartikan berbagai ukuran yang tertera. Apakah itu ukuran dengan satuan cm atau meter. Jika melihat keterangan produk pada gambar, tertera tulisan atau keterangan Leght 1,52M. Jadi panjang joran tersebut adalah 152 cm atau 1,52 m. Tidak semua panjang jorang tertera dengan satuan M dibelakangnya, melainkan juga terdapat produk joran dengan leght dengan satuan Ft (feet / kaki). Diketahui 1Ft sendiri sama dengan 30,48cm. Misalnya jika ada joran tertera tulisan leght = 5’6″ maka tinggal mengkalikan 5,6 x 30,48cm = 170,68cm. Jadi panjang joran tersebut ialah sekitar 170cm.

2. Istilah PE

 Selain satuan panjang yang berbeda-beda, keterangan produk joran yang dijual terkadang juga tidak menyertakan standar atau tulisan PE di dalamnya. Keterangan PE sendiri adalah kekuatan maksimal joran. Jika semisal tertera ukuran PE 2-4 atau ukuran lainnya, maka ukuran standar kenur atau senar yang dipakai haruslah berkisar PE 2 – 4. Jika masih bingung, dengan kata lain joran tersebut bisa dikatakan hanya mampu menahan beban senar dengan PE 2-4 saja. Jika semisal menggunakan senar PE 5, maka joran bisa patah. Istilah lain PE sendiri ialah Breaking Strain adalah satuan ukuran maksimal beban untuk senar.


3. Istilah Line WT

 Jika melihat contoh gambar di atas, keterangan PE sendiri sebenarnya juga bisa diartikan sebagai Line.WT atau line weight. Keterangan line WT sendiri untuk model S50M adalah 6-14LB. Dapat dijabarkan bahwa 1 lbs sama dengan 0.453 kilogram. Maka tinggal mengkalikan 14 x 0.453 = 6,342. Jadi bisa dikatakan maksimal beban yang mampu ditahan joran model S50M hanya berkisar 6 kiloan. Begitupun untuk model S55M tertera tulisan 8 – 16 lbs, maka tinggal menghitung hasil 16 x 0,453 = 7,248 kg. Maka bobot maksimal yang mampu ditahan joran model S55M ialah 7 kiloan.

4. Istilah Lure WT

 Tidak semua ukuran bertuliskan dengan satuan yang sama. Untuk istilah lure weight sendiri terkadang juga bisa disebut cast weight hanya saja terkadang dalam satuan yang berbeda-beda. Jika melihat produk pada gambar model S55M diatas menggunakan istilah lure Wt. Lure weight yang tertera berkisar antara 4 – 14 gram. Maka berat umpan yang sanggup dilempar joran joran ialah 14 gram. Jika produk joran tidak terdapat tulisan lure weight dengan satuan berbeda, maka perlu dijabarkan lagi. Biasanya lure weight sendiri menggunakan satuan Oz. 1 OZ sendiri sama dengan 28,349 gram. Misalkan terdapat tulisan lure Wt  3/8 maka bisa langsung dihitung 3 : 8 x 28,349 gram = 10,63 gram. Jadi berat rata-rata lure atau umpan buatan yang hanya dapat digunakan ialah 10 gram.
Untuk keterangan lain seperti Type Spinning dan No Sect 2 jika melihat gambar di atas, maka juga sedikit perlu dimengerti. Untuk keterangan No sect di atas juga bisa diartian sebagai nomor section yang mana joran terbagi menjadi 2 bagian atau joran bisa dilepas menjadi 2 bagian. Sementara itu type spinning sendiri adalah jenis joran yang hanya mampu di pasang reel spinning atau reel di bawah joran. Otomatis joran tersebut juga bisa dikatakan tidak cocok untuk spot mancing baitcasting dengan spot rawa atau sungai yang sulit dijangkau. Mungkin itulah informasi sederhana untuk mengenal lebih jauh mengenai semua istilah tulisan di joran, semoga bisa sedikit membantu.

Post a Comment for "MENGETAHUI ISTILAH YANG ADA DI JORAN"