Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Lebah Apis Koschevnikovi

"Apis koschevnikovi"
Taksonomi
Keluarga: Apidae 
Subfamili: Apinae 
Suku: Apini Latreille, 1802 
Genus: Apis Linnaeus, 1758 
Subgenus: Apis (Apis) 
Spesies: Apis koschevnikovi Enderlein, 1906 
Nama umum: lebah madu merah, lebah merah, sarang lebah madu bersarang
Gambaran
Apis koschevnikovi agak khas karena metasoma dan kakinya yang kemerahan. Ia juga dikenal sebagai lebah merah Sabah; Namun, menurut Hadisoesilo et al. (2008), warnanya berubah seiring dengan distribusinya. Warnanya kemerahan pucat di Negara Bagian Sabah atau Kalimantan, Malaysia, tetapi warnanya lebih gelap dan lebih tembaga di Semenanjung Melayu dan Sumatra, Indonesia. Ukuran tubuh pekerja adalah sedang (panjang awal antara 7,5–9 mm). Drone A. koschevnikovi memiliki waktu penerbangan kawin yang berbeda dengan drone simpatrik A. cerana (Koeniger et al. 1988). A. koschevnikovi adalah tuan rumah tungau Varroa rinderi (De Guzman dan Delfinado- Baker 1996 ).
Karakteristik diagnostik
Sayap Hind dengan absis distal vena M hadir (sama seperti pada Apis cerana ).
Mesoscutellum pekerja perempuan berwarna merah kekuningan.
Drone dengan pinggiran berbulu di tepi metatibia ( setae di sepanjang tepi posterior jauh lebih panjang daripada yang lain) dan dengan tarsi yang tidak dimodifikasi.
Drone dengan endophallus unik (Tingek et al. 1988) .
Aparat penyengat dengan 10 duri lancet dan 4 pasang duri stylet (Jayasvasti dan Wongsiri 1993)
Jarak dari ujung lanset ke barb pertama = 45,30 μm (Jayasvasti dan Wongsiri 1993) .
Tuan rumah asosiasi
Seperti semua spesies lebah madu, A. koschevnikovi adalah generalis dan akan mengeksploitasi berbagai sumber daya tanaman untuk makanan.

Perilaku bersarang
Seperti semua spesies dalam subgenus Apis (Apis) , sarang A. koschevnikovi dibangun di rongga (Rinderer et al. 1989). Topi sel drone memiliki pori yang khas. Sangat sedikit yang diketahui tentang biologi, ekologi, dan sejarah alam spesies ini (Rinderer et al. 1989); Namun, Engel (2012) melaporkan bahwa ia lebih suka hutan tropis yang selalu hijau.

Distribusi
Lebah madu merah dapat ditemukan di Malaysia, Kalimantan, Sumatra, Jawa, dan Kalimatan (Tingek dkk. 1996, Radloff dkk. 2011 , Gupta 2014 ). Menurut Rinderer (1988), kisaran dan ukuran populasi A. koschevnikovi adalah di antara masalah yang paling penting yang memerlukan studi untuk spesies ini. 

Sumber: idtools.org
Diperkuat oleh: Albi
Pict Doc: Samsul Anwar

Salam Sahabat Lebah Nusantara

Post a Comment for "Lebah Apis Koschevnikovi"