Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

MELURUSKAN PERSEPSI BHW MADU ITU SBG MUNTAHAN LEBAH

Benar adanya.., bhw para lebah pekerja luar itu mencari & mengumpulkan nectar bunga dgn cara dihisap dan dimasukan kedalam perutnya. 
Merekapun membawanya pulang ke sarang utk kemudian diterima dan dihisap oleh para lebah pekerja muda dan dikeluarkan lagi utk disimpan pada lubang2 sarang menjadi madu..
Namun demikian madu bukanlah sbg muntahan lebah yg secara harfiah maknanya jadi sangat menjijikan..

Hal itu dikarenakan, bhw sesungguhnya lebah itu memiliki 3 (tiga) ruang didalam perutnya;
> Pertama, ruang/kantung yg bernama THE CROP, ruang/kantung ini khusus bagi para lebah pekerja luar utk membawa nectar yg berhasil dikumpulkannya..

> Kedua, ruang/kantung yg bernama VENTRICULUS, ruang/kantung ini khusus sebagai tempat utk mengolah dan mencerna makanan dan air minum sprt fungsi alat pencernaan pada umumnya, guna memenuhi energy bagi activitas kehidupan sbg mahluk hidup.

> Ketiga, ruang/kantung yg bernama PROVENTRICULUS, adapun ruang/kantung ini berfungsi bukan saja sbg saluran utk mentransfer makanan berupa nectar dan Pollen (serbuk sari bunga) ke ventriculus utk diolah/dicerna, akan tetapi juga berfungsi sbg sekat pemisah yg memastikan bhw nectar yg berada didalam The Crop sedikitpun tidak terkontaminasi dengan isi Ventriculus..

Dgn demikian yg menganalogikan bhw madu itu sbg muntahan lebah adalah sbg persepsi yg keliru..

dengan sedikit perubahan

postingan asli 👇

Post a Comment for "MELURUSKAN PERSEPSI BHW MADU ITU SBG MUNTAHAN LEBAH"