Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Spesies Kelulut Sundatrigona Lieftincki

#SPESIES_KELULUT

Sundatrigona lieftincki (Sakagami & Inoue, 1987)
Spesies ini dulu diidentifikasi oleh Sakagami & Inoue dgn nama Trigona (Trigonella) lieftincki pd tahun 1987, sekarang spesies ini masuk dalam subgenus Heterotrigona, yaitu Heterotrigona (Sundatrigona) lieftincki menurut data terbaru di tahun 2017.

Termasuk spesies Indo-Malaya yg hidup di dataran tinggi Sumatera, dan bisa dijumpai di bbrp kawasan saja sebab spesies ini dikategorikan jenis langka. Utk lokasi temuannya saya rahasiakn utk menjaga mereka tetap aman dan lestari. 

Spesies ini berukuran sebanding dengan itama bahkan bisa dikatakan lebih besar dari itama, badannya sdikit memanjang, seukuran dgn Lepidotrigona latipes dan nitidiventris serta doepaensis, kaki belakangnya juga unik sprti ada pengait khusus utk mengambil pollen dan resin, warna hitam seperti itama dengan tambahan corak warna kuning di bawah ekornya, telurnya tersusun rapi, mempunyai entrance sprti Sundatrigona moorei, karakternya juga galak sesuai dengan kawasan teritorinya, ketika menjelang malam hari para guard akan menutup corong masuknya.

Sama uniknya spesies ini juga bersarang di dlm sarang semut, simbiosis mutualisme, semut yg dimaksud adalah semut jenis Crematogaster dengan nama lokal semut tonggek. 

Salam santun dari sy utk semua pegiat kelulut di Nusantara. 
Banjarmasin, 22 Maret 2020.

Post a Comment for "Spesies Kelulut Sundatrigona Lieftincki"